Dinkes Inhil: Setiap Bot Masuk ke Pelabuhan, Penumpangnya Dilakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh 

Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Zainal Arifin, SKM., M. Kes

SIBERONE.COM - Khawatir masuknya Virus Corona di Kabupaten Indragiri Hilir, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir melakukan pengawasan di pelabuhan dan memeriksa setiap penumpang yang baru datang khususnya dari Kota Batam. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Zainal Arifin saat dikonfirmasi menyebutkan pengawasan dan pemeriksaan suhu tubuh di pelabuhan sudah dilaksanakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). 

"Ada 3 pintu masuk yang ada di Indragiri Hilir sudah dalam pantauan KKP yakni Kota Tembilahan, Guntung, dan Kuala Enok. Setiap penumpang yang datang harus diperiksa dahulu suhu tubuhnya, tanpa terkecuali," ungkap Zainal Arifin, Selasa (28/01/2019).

Pengawasan pelabuhan terhadap penumpang ini dilakukan sejak Januari. Zainal katakan, untuk Kota Tembilahan berhubungan pelabuhannya masih dalam tahap perbaikan jadi Alat pengukur suhu tubuh tidak terpasang, namun tetap dilaksanakan pemeriksaan suhu tubuh oleh pihak KKP kelas III Tembilahan. 

Zainal mengatakan sejauh ini Inhil masih terus berada kategori baik dan tidak ada indikasi terkait Virus Corona tersebut, oleh karena itu pihaknya terus melakukan upaya-upaya pencegahan salah satunya dari pintu masuk dari pendatang yang baru saja berkunjung dari daerah yang diindikasikan rawan pertemuan dengan masyarakat internasional. 

"Salah satunya dari pendatang yang dari kota Batam atau dari kota yang diakses melalui pelabuhan, itu yang difokuskan untuk dilakukan pengawasan," tukasnya. 

Selain di pelabuhan, Dinkes Inhil juga melakukan pengawasan terhadap jemaah umroh yang baru pulang untuk segera dilakukan pengecekan suhu tubuh agar dapat mengetahui keadaan jemaah sepulangan dari umroh. 

"Kita juga sudah lakukan pemeriksaan terhadap jemaah umroh yang baru pulang, agar bisa diketahui keadaannya yang habis umroh," jelasnya. 

Sembari itu, Zainal Arifin juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik namun tetap waspada terhadap Virus Corona serta tidak mengambil keputusan sendiri bila mendapatkan ciri-ciri yang serupa. 

"Bila ada yang batuk-batuk, sesak nafas, demam segera periksa ke puskesmas terdekat agar bisa diketahui, bisa jadi itu hanya faktor cuaca. Kami juga menghimbau agar tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, selalu mencuci tangan agar selalu steril dan menggunakan masker saat beraktifitas di tempat umum," imbuhnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar